Header Ads

Wapres AS Mike Pence akan ke Indonesia, Bahas Apa?

Mike Pence (REUTERS/Jonathan Ernst)
Jakarta - Wapres Amerika Serikat Mike Pence akan melakukan tur ke Asia, salah satunya ke Indonesia. Pence dijadwalkan bertemu dengan Presiden Jokowi. Membahas apa?

Kemarin Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr menyambangi kantor Menko Polhukam Wiranto guna membahas hal ini. Seusai pertemuan, Wiranto menyatakan Pence dan Jokowi nantinya akan membahas hal-hal strategis.

"Dalam pertemuan juga dibincangkan soal rencana kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat ke Indonesia," ujar Wiranto seusai pertemuan, Senin (13/3/2017) kemarin.

Wiranto mengatakan pertemuan dia dengan Donovan itu membicarakan substansi hal yang akan menjadi bahan pertemuan antara Pence dan Jokowi. Namun Wiranto belum bisa memastikan kapan pertemuan itu akan dilakukan.

"Yang kami bincangkan bukan waktunya, tetapi mengenai substansi apa yang kira-kira nanti bisa dijadikan acuan pembicaraan dengan Presiden Jokowi. Hal-hal yang menyangkut masalah strategis yang bisa dibincangkan," kata Wiranto.

Reuters melaporkan, selain ke Indonesia, Pence akan menyambangi Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Khusus untuk Indonesia, masih menurut sumber dari Reuters, Pence akan membicarakan kontrak Freeport McMoran, perusahaan tambang raksasa dari AS.

Belum ada konfirmasi dari pihak Indonesia ataupun AS mengenai apa yang akan dibicarakan oleh Jokowi dan Pence. Seperti disebutkan di atas, Wiranto hanya mengatakan pembicaraan kedua pemimpin tersebut akan membahas hal strategis. (fjp/fjp)

Sumber: Detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.