Header Ads

Belajar Dari Perjuangan Diplomasi Jose Manuel Ramos Horta Untuk Kemerdekaan Timor Leste

BELAJAR DARI PERJUANGAN DIPLOMASI JOSE MANUEL RAMOS HORTA UNTUK KEMERDEKAAN TIMOR LESTE

Oleh: Wissel Van Nunubado

PENDAHULUAN

Sudah banyak sejarah perjuangan kemerdekaan dari negara-negara di dunia ini. Eksistensi sejarah itu merupakan referensi hidup bagi komunitasa mapun di dunia ini yang memperjuangkan hak politiknya dibawah kolong lagit ini. Dengan cara itu telah sukses berikan kemerdekaan bagi beberapa negara baru yang merdeka di atas tahun 2000-an salah satunya Negara Timor Leste.
José Ramos-Horta sedang menunjukkan bukti-bukti pembantaian yang terjadi di Timor-Leste di PBB.
[Archives & Museum of East Timorese Resistance]

Diatas realitas itu, sampai saat ini orang papua sedang berjuang untuk memerdekakan negara west papua dimana perangkat kenegaraannya sudah dideklarasikan pada tanggal 1 Desember 1961 didepan mata pemerintahan belanda dan telah terdokumentasikan dalam administrasi negara belanda. Sekalipun demikian perjuangan orang papua dari tahun ke tahun seperti berjalan ditempat. Hal itu pastinya memeliki kendala tersendiri yang diketahui dengan pasti oleh para pejuang kemerdekaan negara west papua.

Salah satu dugaan keterlambatan perjuangan itu kemungkinan disebabkan karena orang papua tidak mau belajar dari kesuksesan perjuangan negara lain yang telah merdeka dan berdaulat secara politik seperti perjuangan Timor Leste.

Dapat disimpulkan bahwa dari sekian banyak catatan sukses para pejuang timor leste secara garis besar didukung oleh 3 (tiga) pilar perjuangan yaitu Sayap Militer, Pemuda Mahasiswa dan Diplomat telah sukses mengantarkan perjuangan timur leste menikmati kemerdekaannya. Satu hal yang mensukseskan perjuangan itu terletak pada kesuksesan Diplomat mereka membangun argumentasi politik ditingkat internasional yang mampu meraup pandangan internasional sehingga mampu menyatakan dukungannya atas hak politik timor leste selanjutnya mendesak PBB untuk turun tangan dalam konflik politik antara timor leste vs negara indonesia sehingga bisa terjadi pelaksanaan Hak Menentukan Nasib Sendiri Bagi Bangsa Timur Leste yang berujung pada kemerdekaan negara timor leste pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an.

KEMERDEKAAN TIMOR LESTE ADALAH KESUKSESAN DIPLOMAT

Sejarah perjuangan diplomat timor leste yang mengantarkan kemerdekaan bagi timor leste terletak pada kepandaian dan profesionalisme diplomasi seorang Jose Manuel Ramos Horta yang mampu mengubah mata dunia atas timor leste selanjutnya didukung dengan dukungan riel atas perjuangan timor leste untuk merdeka dari kolonialisme indonesia.

Ada beberapa hasil kesuksesan yang Jose lakukana diantaranya :

Pertama, Jose mampu mempengaruhi pangung internasional dengan cara mendirikan sebuah wadah yang bernana ETAN yang bermarkas di Amerika Serikat dengan anggota yang terdiri dari siapapun dan membahas persoalan pokok timor leste dan juga peejuangan negara dunia ketiga lainnya yang selanjutnya akan disampaikan ke diplomat dan juga sidang-sidang komisi PBB;

Kedua, Jose mampu mempengaruhi internasional untuk mendesak PBB berikan sangksi embargo senjata terhadap indonesia atas penyalahgunaan senjata api di timor leste;

Ketiga, Jose mampu mendorong dirinya dan uskup ximenes bello mendapatkan nobel perdamaian atas didikasi mereka memperjuangkan kedamaian bagi timor leste;

Keempat, Jose mampu mempengaruhi internasional untuk mendesak PBB agar melaksanakan Hak Menentukan Nasib Sendiri Bagi Bangsa Timor Leste yang berujung pada kemerdekaan timor leste.

Keempat kisah sukses perjuangan seorang jose manuel ramos horta itu menjadi sebuah catatan sejarah emas perjuangan diplomat timor leste untuk mencapai kemerdekaannya.

KESUKSESAN JOSE DILIHAT DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKANNYA

Kisah sukses perjuangan jose manuel ramos horta bukan lahir begitu saja tetapi memiliki sejarah panjang. Salah satunya adalah jose manuel ramos horta adalah seorang mentri luar negeri dalam perangkat partai freetelin.

Diplomat merupakan tugas partai yang diberikan kepada beliau sehingga secara prifesional beliau wajib menjalankannya secara tekun dan telaten. Salah satu kesuksesan tugas diplomat yang diembannya terletak pada inisiatif seorang jose manuel ramos horta mau menimba ilmu hukum internasional pada sebuah perguruan tinggi di benua eropa. Selain itu, beliau melanjutkan studi pada jurusan Perdamaian pada jenjang magister selanjutnya beliau mendapatkan gelar doktor pada bidang Hak Asasi Manusia.
Terlepas dari itu, beliau juga aktif mendalami politik internasional Amerika Serikat dalam beberapa studi klub di amerika serikat yang membuatnya sangat memahami karakter hukum internasional dan politik internasional.

Dengan melihat latar belakang tugas partai freetilin dan inisiatif menimba ilnu dan pengalaman yanf digeluti seorang Jose Manuel Ramos Horta itulah yang mampu mengangkat perjuangan timor leste ke panggung politik internasional sehingga mampu mendorong keempat kesuksesan diatas yang telah memerdekakan rakyat timor leste.

PENUTUP

Perjuangan politik orang papua saat ini telah mampu meraup dukungan dari beberapa negara pasifik dan benua afrika atas dasar kesamaan ras dan kultur. Selain itu juga didukung oleh NGO internasional hingga kalangan muda indonesia dengan membentuk wadah yang bernama FRI West Papua.

Semua kesuksesan itu bermula sejak pembentukan ULMWP yang difasilitasi Vanuatu beberapa waktu lalu. Pertanyaannya adalah apakah ada diplomat papua yang ingin belajar dari Jose Manuel Ramos Horta yang menjalankan tugas partai freetelin namun karena merasa memiliki kekurangan secara personal sehingga berinisiatif untuk menimba ilmu hukuk internasional dan dilanjutkan dengan perdamaian serta dilanjutkan lagi dengan mendalami pengetahuan Hak Asasi Manusia yang telah menambah kesempurnaan dalam diri seorang Jose Manuel Ramos Horta sehingga mampu mengantarkan kemerdekaan timor leste mengunakan mekanisme Hak Menentukan Nasib Sendiri bagi Rakyat Timor Leste.

"Kritikanmu Adalah Pelitaku"

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.