Header Ads

Surat Buat Sahabat Ku di Batavia


Sobat yang sa banggakan, sa minta maaf sa minta Bantu kepada kalian !!! Sa minta bantu ke kalian karena sa tinggal di kampung. Sa jaga tong pu kampung dan tanah ini.

Sobat, mentari masih terbit di ufuk timur tanah Tabi, ombak pica di Saireri tanda Tuhan masih melindungi kita.

Tifa dan Tabura masih merdu di Doberai dan Bomberai...hent
akan kaki Tarian Asmat masih dilestarikan di Anim Ha.

Hangatnya pelukan Bapa deng Mama di Honai La Pago, telah membesarkan kami. Adik-adik masih pake Koteka di Mee Pago, kitong masih merasakan dinginnya uap Sungai Mamberamo dan Puncak Cartenz, sebagai Anak Tanah Papua.

Namun Sobat, ada yang KURANG dan menyedihkan, yaitu KEMATIAN Burung Surga. De pu nama CENDERAWASIH !!!

Sobat, kam tra cium Bau Bangkai k ??? Kalau kam pake Mayat Nenek Moyang kita ???
Sobat, kam pu Suara itu merdu seperti Cenderawasih....kam pu tarian Indah seperti Cenderawasih...tapi kenapa, mengapa dan sebab kam harus pake Cenderawsih di Kepala ???

Sobat, sa su lemas....sa lemas dan cape karna menangis, melihat TINGGINYA PEMBUNUHAN Burung Cenderawasih ini terus dan terus di buruh dan dijual...!!!

Sobat, kam bisa bantu saya deng Mama dan Bapa di Kampung ka ??? Kitong KAMPANYE Perlindungan Burung Cenderawasih...Bisa ka Tidak ???

Burung itu dipake saat ritual Adat, BUKAN sebagai busana. Kalau busana, kam bisa bikin dari bahan daur ulang yang menyerupai Cenderawasih ka !!! Sa kira bisa... grin emotikon

Sa HARAP sekali, kam Bentangkan satu lembar spanduk saat kam Pentas, dengan tulisan "Selamatkan Burung Cenderawsih, Stop Bunuh Cenderawasih" !!! Bisa ka ???

Kepada Sobat ku Miki J, Kaka Bona Pascal, Om Boii Soa Soa Adalah, Kaka Milda Etho, Chun Funkypapua Suhur Maja, dan saudara dong yang lain, kam bisa Bantu kitong pu susah ini ka ???

Burung Cenderawasih su Sedikit nii...frown emotikon
Di Serui, Sorong, Sorong Selatan, Kembu dan beberapa daerah lain di Kitong pu Tanah ini...su Kritis skali nii..... frown emotikon
Kam Tra Kasihan k ???

Sa juga pernah buat kesalahan...sa pake Topi Cenderawasih saat acara Partai Politik dan Lomba2 Budaya, walau di pakaikan dari orang tua adat dorang, tapi sa rasa tu SALAH dan sa su malas lagi pakai Mayat Nenek Moyang saya lagi.

Harapan besar untuk generasi berikut ada di kitong semua, jangan sampe anak cucu kita hanya dapat Cerita tentang burung Cenderawasih, tapi mereka tidak melihatnya bernyanyi dan menari.

STOP pake Burung Cenderawasih, karena kalau kitong stop pake, beli...maka dengan sendirinya juga masyarakat dong di kampung TIDAK akan bunuh Cenderawasih dan Jual juga. Itu Pasti....!!!

Salam dari saya...
Mark Imbiri
Sa Suanggi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.