Header Ads

Tolak Pembangunan Makodam, Ini Pernyataan Forum Pelajar dan Mahasiswa Lapago

PERNYATAAN SIKAP
FORUM PELAJAR DAN MAHASISWA WILAYAH ADAT LAPAGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Terkait pengangkatan Pangdam XVII Cenderawasih sebagai kepala suku dan pembangunan markas militer di wamena.

Pengangkatan pangdam XVII cenderawasih sebagai kepala suku adat oleh Alex Doga yang mengatasnamakan seluruh Kepala Suku Wilayah Pegunungan Tengah (Lapago) dan bahkan seluruh tanah papua adalah perlakuan sepihak dan merupakan tindakan yang mencederai hak kesulungan masyarakat adat . Maka, jelas sangat tidak layak seorang pangdam yang bukan sebagai orang asli setempat kemudian diangkat sebagai kepala suku adat.
Terkait dengan pembangunan markas militer. Jika ditinjau dari sejarah kelam kehadiran militer diseluruh tanah papua tidak terlepas dari persoalan politik papua yang adalah merupakan upaya merebut papua dengan kekuatan militer. Dan itu terjadi sejak rezim Presiden Soekarno dalam mengumandankan TRIKORA hingga melahirkan operasi-operasi militer di papua hingga saat ini.

Hal ini kemudian dapat dilihat melaui berbagai macam operasi militer yang dilakukan di Papua sejak 1961 sampai saat ini , kemudian diakhir tahun 2018 ini militer secara represif melakukan berbagai macam tindakan semena-mena terhadap masyarakat sipil di beberapa daerah wilayah adat lapago seperti Puncak jaya, lany jaya,yahukimo ,wamena ,pegunungan bintang,tolikara dan Papua pada umumnya dengan berkedok pengamanan kelompok kriminal bersenjata (KKB) sebuah label terhadap Tentara Nasional Papua Barat (TPNPB) hingga berakibat pada mengganggu kenyamanan masyarakat sipil.

Dengan ini sudah pasti jika, perencanaan pembangunan beberapa markas besar militer di Tanah Papua seperti MAKO BRIMOB,MAKODAM,POLSUB SEKTOR dan lain-lain, dapat dengan mudah dibangun ,sehingga dapat melancarkan operasi-operasi militer di wilayah pegunungan tengah Papua (Lapago).

Dengan demikian kami Forum Pelajar dan Mahasiswa Wilayah Adat Lapago Daerah Istimewa Yogyakarta Pun menyatakan sikap sebagai berikut :

1. Menolak pengukuhan pangdam XVII Cendrawasi sebagai kepala suku di wilayah pengunungan tengah papua

2. Menolak penyerahan lokasi 90 hektar di Assologaima dan Silokarno Doga

3. Menolak pembangunan MAKODAM di wilayah distrik Assologaima dan Silokarno Doga

4. Menolak penyerahan lahan di Milima serta rencana pembangunan Polsubsektor dan pembangunan Mako Brimob

5. LMA bertanggung jawab atas pemberian legitimasi kepada Pangdam XVII Cenderawasih sebagai kepala suku di wilayah pegunungan tengah Papua.

6. LMA harus bertanggung jawab atas segala bentuk operasi militer yang sedang berlangsung di seluruh wilayah pegunungan tengah .

7. Mendesak Tim Pansus bentukan DPRP untuk menindak lanjuti pengukuhan terhadap pangdam XVII Cendrawasi.

Demikian Pernyataan sikap Forum Pelajar dan Mahasiswa Wilayah Adat Lapago Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta ,13 November 2018

KOORD LAPAGO


Sumber: http://www.kalilago.one/2018/11/pernyataan-sikap-forum-pelajar-dan.html

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.